Mengapresiasi Tari Tradisional Sajojo Papua di SDUT Bumi Kartini Jepara

Ditulis oleh admin, dipublikasi pada 13 November 2023 dalam kategori Ruang Kegiatan

Jepara – Pada hari Senin, 13 November 2023, sebuah tontonan menarik disuguhkan bagi para siswa dan guru SDUT Bumi Kartini Jepara. Usai sebuah upacara, siswa kelas 4 berhasil menghibur seluruh audiens dengan mempertunjukkan Tari Tradisional Sajojo Papua. Kehadiran tarian tersebut menjadi bukti betapa kaya dan beragamnya budaya Indonesia.

Tari Tradisional Sajojo yang ditarikan oleh siswa-siswa kelas 4 SDUT Bumi Kartini Jepara berhasil mendapatkan perhatian dan antusiasme seluruh peserta. Dari awal hingga akhir pertunjukkan, banyak yang tak ingin melewatkan kesempatan untuk menyaksikan kemegahan tari yang diringi lagu-lagu khas Papua ini.

Kesenian asal Papua ini terbukti mempesona siswa, guru, serta seluruh hadirin yang hadir pada saat itu. Tari Sajojo yang diperagakan oleh para murid terlihat begitu anggun dan memukau. Hal ini menunjukkan bahwa mereka telah mempersiapkan diri dengan baik dan melatih tarian ini secara rutin.

Momen ini juga menjadi pelajaran berharga bagi siswa dan guru tentang pentingnya menghargai dan melestarikan kebudayaan daerah. Melalui penyelenggaraan kesenian seperti Tari Tradisional Sajojo Papua, SDUT Bumi Kartini Jepara terus berupaya untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda. P5, salah satu prinsip pendidikan yang diterapkan di sekolah, diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang memiliki rasa kebanggaan akan budaya bangsanya.

Tak hanya sebagai hiburan, pertunjukkan ini juga membawa pesan penting tentang nilai-nilai persatuan dan toleransi antar suku bangsa di Indonesia. Pementasan Tari Sajojo menjadi bukti nyata bahwa keragaman budaya tak hanya memperkaya negeri, tetapi juga menjadikan kita lebih saling menghargai.

Terlepas dari capaian yang telah dihasilkan oleh SDUT Bumi Kartini Jepara, kesuksesan dalam mengapresiasi tari tradisional sajojo tentu bukanlah sebuah titik akhir. Lebih dari itu, diharapkan agar semakin banyak sekolah di Indonesia yang mengikuti jejak mereka dalam merawat tradisi dan kebudayaan lokal. Dengan demikian, kekayaan budaya Indonesia akan terus dijaga, dilestarikan, dan dinikmati oleh seluruh generasi bangsa.





Informasi Lainya



Meriahnya Kemah dan Lomba Pramuka di SDUT Bumi Kartini Jepara

Ditulis oleh admin

Jepara – Sabtu, 9 Desember 2023 menjadi hari yang spesial bagi para siswa kelas 5 dan…



SDUT Bumi Kartini Jepara Selenggarakan Imunisasi

Ditulis oleh admin

Jepara – Kepedulian sekolah terhadap peserta didik adalah hal yang penting. Utamanya dalam hal kesehatan, seperti…



Kebersamaan dalam Istighotsah: Warga Sekolah Bumi Kartini Mendoakan dan Berbagi untuk Palestina

Ditulis oleh admin

Jepara – Ketika kabar mengenai krisis kemanusiaan yang sedang melanda saudara kita di Palestina terus menggema…

Selengkapnya