Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H

Ditulis oleh admin, dipublikasi pada 29 July 2022 dalam kategori Ruang Kegiatan

Pagi hari Jumat 29 Juli 2022 siswa-siswi SDUT Bumi Kartini Jepara berbondong-bondong mengikuti perayaan “Kirab” menyambut tanggal 1 Muharam 1444 H. Acara yang tiap tahunnya dilaksanakan ini adalah acara kirab pertama kali setelah Pandemi Covid 19.

Acara ini diikuti oleh semua warga sekolah. Meliputi siswa, guru, dan karyawan SDUT, serta dibantu oleh mahasiswa dari UNISNU Jepara yang sedang PPL.

Ada beberapa rangkaian acara dalam rangka menyambut tahun baru 1 Muharam 1444 Hijriyah ini. Pertama siswa-siswi melakuan shalat dhuha di kelas masing-masing, lalu mereka melakuakan kirab berkeliling mengikuti rute yang sudah ditentukan, yaitu parkiran SDUT menuju jalan samping Rumah Sakit Islam (RSI) Jepara kemudian jalan depan RSI lalu belok kiri jalan depan rumah warga, dilanjut jalan turunan makam dan kembali ke halaman SDUT.

Tidak selesai hanya itu saja. Setelah acara keliling bersama, dilanjut oleh panitia dengan pembagian hadiah doorprize di halaman parkiran SDUT. Satu-satu siswa, guru, dan karyawan diberi kupon untuk kemudian diundi. Sorak gembira pun mengikuti saat beberapa peserta mendapatkan hadiah.

Walau pun pagi itu sudah mengadakan acara penyambutan 1 Muharam 1444 H, siswa, guru, dan karyawan tetap dihimbau untuk melakukan aktivitas keagamaan secara mandiri di rumah. Acara keagamaan tersebut adalah doa akhir tahun yang dibaca setelah Ashar menjelang Maghrib dan doa awal tahun yang dibaca setelah sholat Maghrib.

Selepas acara kirab dalam rangka menyambut tahun baru 1 Muharam 1444 H, semua warga sekolah santap makan bersama. Semua warga sekolah menyantab nasi “eblek“an atau satu nampan dimakan bersama sama. Adanya acara ini tentu saja ada maksud dan tujuan sekolah itu tersendiri. Tujuan utama semarak perayaan ini adalah membiasakan peserta didik supaya tahu bahwa umat Islam punya tahun baru sendiri yang patut dirayakan. Besar harapan sekolah untuk acara ini tentunya semoga di akhir dan awal tahun Islam ini semua warga sekolah senantiasa mendapat keberkahan dari Allah SWT.





Informasi Lainya



Open House dan Lomba Mewarnai di SDUT Bumi Kartini Jepara

Ditulis oleh admin

Jepara – Senin, 12 Desember 2022 lalu, Sekolah Dasar Unggulan Terpadu Bumi kartini Jepara mengadakan Event…



Meriahnya Gelar Karya P5 di SDUT Bumi Kartini Jepara

Ditulis oleh admin

Jepara – Salah satu progam yang ada pada Kurikulum Merdeka adalah  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila…



Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H

Ditulis oleh admin

Pagi hari Jumat 29 Juli 2022 siswa-siswi SDUT Bumi Kartini Jepara berbondong-bondong mengikuti perayaan “Kirab” menyambut…

Selengkapnya