Meningkatkan Motivasi dalam Pembelajaran Tematik Tema Kewajiban dan Hakku Melalui Model Pembelajaran Blended Learning

Ditulis oleh admin, dipublikasi pada 12 July 2022 dalam kategori Ruang Edukasi

Oleh: Layla Qodriyana

Pembelajaran Tematik Terpadu merupakan pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa muatan mata pelajaran agar dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik (Kemendikbud, 2014: 16). Dalam Masa Pandemik Covid 19, pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar dilaksanakan secara Daring (Dalam jaringan). Pembelajaran Daring/sistem Online merupakan solusi bagi pembelajaran yang tidak memungkinkan untuk tatap muka langsung/Luring (Luar jaringan).

Keterampilan Abad 21 yang dikenal dengan istilah 4 C (Critical Thinking atau berpikir kritis, Collaboration atau bekerjasama dengn baik, Communication kemampuan berkomunikasi, dan Creativity atau kreativitas) yang merupakan tuntutan Kurikulum Nasional. Untuk mencapai Ketrampilan Abad 21 tersebut pembelajaran di sekolah mengimplementasikan pendekan TPACK (Technological Pedagocal Content Knowledge). Selain itu, pembelajaran masa kini juga harus mengacu pada ketrampilan berpikir tingkat tinggi HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Untuk memutus rantai penyebaran Virus Covid 19, sejak Maret 2020 SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini melaksanakan pembelajaran sistem Daring (Dalam Jaringan). Selama kurang lebih 9 bulan, siswa SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini melaksanakan pembelajaran di rumah tanpa bertemu langsung dengan guru. Kegiatan pembelajaran Daring, membutuhkan kerjasama dari orang tua dalam pendampingannya. Selama sistem pembelajaran Daring yang terlaksana di SDUT Bumi Kartini terutama untuk kelas III (Tiga)sebagian besar dilaksanakan secara A-Sinkron (tanpa tatap maya) yaitu siswa menyimak video pembelajaran yang dibuat oleh guru, siswa melaksanakan pembelajaran berdasarkan tugas yang disampaikna guru melalui group Whats App, siswa mnegupload tugas di Instagram, dan siswa mengerjakan Evaluasi Pembelajaran menggunakan aplikasi Google Form.

Suatu rencana PTK diawali dengan adanya masalah yang dirasakan atau disadari oleh guru. Guru merasa ada sesuatu yang tidak beres di kelasnya, yang jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi proses dan hasil belajar siswa. Masalah tersebut mungkin masih kabur, sehingga guru perlu merenung atau melakukan refleksi agar masalah tersebut semakin jelas.

Guru dituntut jujur pada diri sendiri dan melihat pembelajaran yang dikelolanya sebagai bagian penting dari dunianya. Guru dapat mengajukan pertanyaan berikut kepada diri sendiri:

a) Apa yang sedang terjadi di kelas saya?

b) Masalah apa yang ditimbulkan oleh kejadian itu?

c) Apa pengaruh masalah tersebut bagi kelas saya?

d) Apa yang akan terjadi jika masalah tersebut saya biarkan?

e) Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut atau memperbaiki situasi yang ada?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut guru perlu merenung atau melakukan refleksi tentang apa yang terjadi di dalam kelas. Refleksi akan efektif jika guru mempunyai pemahaman atau kesadaran yang tinggi akan fungsi pembelajaran dan jujur terhadap diri sendiri. Ada kalanya guru perlu dibantu untuk mengidentifikasi masalah. Guru dapat dibantu oleh kepala sekolah, pengawas, atau dosen LPTK yang berkolaborasi dengan sekolah.

Pelaksanaan PTK dilaksanakan di SDUT Bumi kartini Jepara dengan mengambil Judul PTK :

MENINGKATKAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Berikut adalah link proses siklus 1  :

Berikut adalah link proses siklus 2 :

Berikut adalah link proses siklus 3 :





Informasi Lainya



Open House dan Lomba Mewarnai di SDUT Bumi Kartini Jepara

Ditulis oleh admin

Jepara – Senin, 12 Desember 2022 lalu, Sekolah Dasar Unggulan Terpadu Bumi kartini Jepara mengadakan Event…



Meriahnya Gelar Karya P5 di SDUT Bumi Kartini Jepara

Ditulis oleh admin

Jepara – Salah satu progam yang ada pada Kurikulum Merdeka adalah  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila…



Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H

Ditulis oleh admin

Pagi hari Jumat 29 Juli 2022 siswa-siswi SDUT Bumi Kartini Jepara berbondong-bondong mengikuti perayaan “Kirab” menyambut…

Selengkapnya