Puluhan Siswa Sekolah Dasar Unggulan Terpadu Bumi Kartini Jepara Mengikuti ANBK

Ditulis oleh Zainal Faruq, dipublikasi pada 17 November 2021 dalam kategori Ruang Kegiatan

Jepara – Senin 15 November 2021, puluhan anak SDUT Bumi Kartini Jepara mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disingkat dengan ANBK.

Asesmen Nasional adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sesuai instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), bapak Nadiem Makarim.

Siswa yang mengikuti ANBK ini adalah siswa kelas V SDUT pararel dengan mengacu Daftar Nominasi Tetap (DNT) yang telah ditentukan oleh dinas Kemendikbud pusat melalui Kemendikbud kabupaten Jepara.

Terkait adanya ANBK ini, kepala SDUT Bumi Kartini Jepara, bapak Edi Susilo, menanggapinya dengan positif. Beliau meminta beberapa guru berkolaborasi dengan guru kelas V untuk mempersiapkan ANBK ini dengan semaksimal mungkin, salah satunya adalah menggembleng anak-anak tersebut dengan pembekalan materi ANBK setiap harinya sebelum jam pelajaran dimulai.

Selaku ketua dan yang bertanggungjawab atas pelaksanaan ANBK, yaitu ibu Rika Setyaningsih, meminta guru kelas V untuk memberi pemadatan materi secara bergantian. Terhitung dari hari Senin sampai hari Kamis.

Jauh-jauh hari sebelum pelaksanakan ANBK tersebut dilaksanakan, pihak sekolah melakukan persiapan dan gladibersih, yaitu pada hari Senin dan Selasa tepatnya pada tanggal 25-26 Oktober lalu dengan sistem semi online. Senin untuk simulasi soal-soal literasi dan hari Selasa-nya untuk simulasi soal-soal numerasi.

Seperti yang diumumkan pada tata tertib ANBK, untuk menghindari kecurangan maka setiap sekolah harus ada pengawas dari luar sekolah dan pada kesempatan kali itu diwalkili oleh pengawas dari SD Mulyoharjo 1 Jepara.

Pelaksanaan ANBK SDUT tersebut bertempat di laboratorium komputer SMP UT Bumi Kartini Jepara, dan kabar baiknya, pelaksanaan ANBK tersebut bisa berjalan dengan situasi yang aman terkendali.





Informasi Lainya



Vaksinasi Siswa-siswi SDUT Bumi Kartini Jepara 2021/2022

Ditulis oleh Zainal Faruq

Jepara – Sebagai langkah percepatan Vaksinasi Covid 19 di Jepara, Sekolah Dasar Unggulan Terpadu (SDUT) Bumi…



Peringati Hari Guru Nasional, Guru-guru SDUT menggelar Doa Bersama

Ditulis oleh Zainal Faruq

Jepara – Sehubungan dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) pada hari Kamis 25 November 2021 lalu,…



Puluhan Siswa Sekolah Dasar Unggulan Terpadu Bumi Kartini Jepara Mengikuti ANBK

Ditulis oleh Zainal Faruq

Jepara – Senin 15 November 2021, puluhan anak SDUT Bumi Kartini Jepara mengikuti Asesmen Nasional Berbasis…

Selengkapnya