Teladani Sikap Para Ulama dengan Peringati Hari Santri Nasional

Ditulis oleh admin, dipublikasi pada 22 October 2021 dalam kategori Ruang Kegiatan

Jepara – Hari Santri Nasional pertama kali ditetapkan oleh bapak presiden ketujuh kita yaitu bapak Jokowi pada tanggal 22 Oktober 2015.

Sejak itu, maka tiap tahunnya peringatan Hari Santri Nasional banyak diperingati dengan berbagai cara. Pada hari tersebut, sebagian besar masyarakat Indonesia memperingatinya, salah satunya adalah Sekolah Dasar Unggulan Terpadu (SDUT) Bumi Kartini Jepara.

Bertepatan pada hari Jumat tanggal 22 Oktober 2021, warga SDUT Bumi Kartini Jepara menggelar beberapa rangkaian acara untuk memperingati Hari Santri, antara lain adalah tahlil, muhasabah, dan khotmil Quran.

Acara peringatan Hari Santri Nasional dilakukan pagi hari sebelum jam pelajaran dimulai. Semua anak-anak yang terlibat mengikuti kegiatan tersebut adalah dari kelas satu sampai kelas enam. Anak-anak, guru-guru, dan karyawan berdresscode baju muslim.

Adapun urutan acara pada peringatan Hari Santri Nasional tersebut adalah yang pertama pembukaan yang dibuka oleh bapak Luqman Al-Hafid, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Santri yang dipandu ibu Risqa Noor Fadhilah, kemudian tahlil yang dipimpin oleh bapak Faiz Luzmi, lalu sambutan oleh bapak Kepala SDUT Bumi Kartini, bapak Edi Susilo, dan dilanjutkan dengan muhasabah atau mengingat jasa para kiai dan santri yang disampaikan oleh bapak Khoirul Anam.

Di tengah-tengah acara Hari Santri Nasional SDUT Bumi Kartini Jepara itu, diadakan pula tanya jawab seputar “dunia santri” dengan dipandu oleh bapak Lukman.

Kemudian siangnya, para guru dan karyawan melaksanakan kegiatan khataman Al-Quran dan doa bersama yang dikoordinir oleh Bidang Keagamaan sekolah, bapak Rahmat Uki Bachtiar.

Peringatan Hari Santri Nasional ini bukan kali pertama diadakan oleh Sekolah, melainkan setiap tahunnya SDUT Bumi Kartini selalu mengadakan acara tersebut dengan tema dan suasana yang berbeda-beda.

Peringatan Hari Santri Nasional ini bertujuan agar anak-anak SD bisa meneladani sikap yang ditanamkan oleh para ulama mengingat Sekolah Dasar Unggulan Terpadu adalah sekolah yang memadukan ilmu agama dan disiplin ilmu-ilmu lain.





Informasi Lainya



Ratusan Siswa SDUT ikuti Sosialisasi Pilah Sampah Pada Hari Peduli Sampah Nasional 2022

Ditulis oleh admin

Jepara – Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, yakni hari Senin tanggal 21 Februari 2022, maka…



TPQ Bumi Kartini Persiapkan Pelaksanaan IMTAS dengan Matang

Ditulis oleh admin

Jepara – Imtihan Akhir Sanah atau yang lebih dikenal dengan nama IMTAS adalah proses akhir pengukuran…



Vaksinasi Siswa-siswi SDUT Bumi Kartini Jepara 2021/2022

Ditulis oleh admin

Jepara – Sebagai langkah percepatan Vaksinasi Covid 19 di Jepara, Sekolah Dasar Unggulan Terpadu (SDUT) Bumi…

Selengkapnya